welcome to education care center378

kyai haji Ahmad dahlan

kyai haji Ahmad dahlan
benar-benar pionier...

bapak pendidikan nasional ki Hajar dewantara

bapak pendidikan nasional ki Hajar dewantara
Jas merah kata Bung Karno jangan lupa sejarah

06/09/10

seajrah perpustakaan smp 3 muhamadiya

ecc378 oke selamat bergabung saja

Struktur Organisasi Perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Berikut ini data struktur organisasi perpustakaan serta fungsi dan tugasnya dalam perpustakaan.

Dalam rangka mencapai hasil yang optimal diperlukan sinergitas dari semua pihak yang mempunyai peran, tugas, dan fungsi masing-masing.
  1. Kepala Sekolah:

    • Educator ( Pendidik ) artinya kepala sekolah harus bias meningkatkan kinerja pustakawan.
    • Manajer artinya kepala sekolah harus mau dan mampu mendayagunakan seluruh sumber daya yang dimiliki perpustakaan sekolah dalam rangka mewujudkan visi, misi dan menacapai tujuan.
    • Administrator artinya kepala sekolah harus mempunyai kemampuan untuk memahami tentang bagaimana pengolahan administrasi perpustakaan walaupun bukan sebagai tenaga teknis.
    • Supervisor artinya kepala sekolah harus mampu melakukan berbagai pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja pustakawan.
    • Leader artinya kepala sekolah harus mampu memberikan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemampuan pustskawan, membuka komunikasi dua arah dan mendelegasikan tugas.
    • Innovator artinya kepala sekolah memberikan inovasi perpustakaan baik dalam hal program kerja, tata letak, ataupun dalam pengelolaan.
    • Motivator artinya kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para pustakawan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsi.

  2. Komite Sekolah:  

    • Memberikan usulan, saran dan masukan yang berkaitan dengan rancangan program kerja perpustakaan.
    • Membantu dalam hal penggalian dana.
    • Bekerjasama secara sinergis dalam pengembangan perpustakaan.
    • Melakukan monitoring dan evaluasi dalam implementasi program kerja yang telah dibuat.
  3. Kepala Perpustakaan:

    • Planning. Seorang kepala perpustakaan harus dapat membuat sebuah perencanaan yang meliputi : perencanaan SDM, perencanaan dalam hal layanan teknis maupun layanan informasi, perencanaan keuangan, pembuatan aprogram kerja, dan segala hal yang berkaitan dengan perpustakaan.
    • Organizing. Seorang kepala perpustakaan harus dapat mengorganisasi/mengelola segala sumber daya yang ada termasuk diantaranya pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan keuangan, pengelolaan layanan, dan segala hal yang berkaitan dengan perpustakaan.
    • Controlling. Kepala perpustakaan melakukan kontrol terhadap kinerja pustakawan, implementasi program kerja, maupun pelaksanaan layanan.
  4. Pelayanan Teknis:

    • Menganalisis akebutuhan koleksi dan sarana.
    • Mengusulkan pengadaan koleksi dan sarana.
    • Melaksanakan pengolahan koleksi.
    • Perawatan Koleksi.
    • Pengorganisasian dan apendayagunaan koleksi bahan pustaka/ sumber informasi.
  5. Pelayanan Informasi:

    • Melakukan pelayanan sirkulasi dan referensi.
    • Memberikan pelayanan minat baca, auadio visual dan internet.
    • Pengkajian pengembangan perpustakaan, dokumentasi dan informasi.
    • Pemasyarakatan perpustakaan, dokumentasi dan informasi.
 

Fasilitas & Sarana Prasarana Perpustakaan
Perpustakaan SMP muhammadiyah 3 Yogyakarta mempunyai sarana diantaranya sebagai berikut:
  • Rak koleksi buku 1 muka sebanyak 2 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Rak koleksi buku 2 muka sebanyak 3 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Almari kaca 3 pintu sebanayak 9 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Meja baca sebanyak 3 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Kursi baca sebanyak 31 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Studi carel sebanyak 9 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Kursi tamu sebanyak 1 set dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Meja tamu sebanyak 1 set dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Computer sebanyak 9 unit dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Printer sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • LCD proyektor sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • LCD / Layar sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • AC sebanayak 3 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Kipas angin sebanyak 5 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Sound System & Speaker sebanyak 1 set dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Televisi sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Tape recorder sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • DVD Palyer sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Wireless sebanyak 1 unit dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Lampu sebanyak 6 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • CCTV sebanyak 1 unit dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Jam dinding sebanyak 2 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Almari catalog sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Almari arsip sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Almari CD & kaset sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Kereta dorong sebanyak 3 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Display majalah sebanyak 2 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Display Koran sebanyak 2 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Tempat sampah sebanyak 4 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Vacuum cleaner sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Alat pengaman kebakaran sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Rak penitipan tas sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Scanner printer sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Scanner barcode sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Papan informasi sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Tempat peta sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
  • Dispenser sebanyak 1 buah dan sampai saat ini kondisinya masih Baik
 

Visi & Misi Perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Motto:
Dengan membaca aku bisa


Visi:
Menjadikan perpustakaan tempat menggali potensi diri melalui  membaca.


Misi:
Mewujudkan perpustakaan yang sejuk, nyaman, dan  menarik.
Menyediakan informasi yang up to date.
Menumbuhkan minat baca.
Mengembangkan ide dan kreativitas.


Sejarah Perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan dan lembaga informasi mempunyai visi  menjadikan perpustakaan sebagai tempat menggali potensi diri melalui membaca dan sarana rekreasi.  Perpustakaan mengoptimalkan layanan pada empat hal yaitu, sarana kegiatan pembelajaran, sarana informasi, sarana penelitian, dan sarana rekreasi dengan layanan sistem otomasi.

Perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta  berdiri di atas bangunan seluas 6 X 22 m2 di gedung unit I sebagai perpustakaan pusat, dan perpustakaan unit II seluas  6 X 6 m 2 sebagai perpustakaan pembantu. Perpustakaan dikelola oleh lima orang tenaga, dengan kualifikasi strata 1 empat orang dan Diploma 3 satu orang. Jam layanan dimulai dari pukul 07.00 sampai pukul 15.00 menyesuaikan jadwal kegiatan sore karena banyak siswa yang berkunjung ke perpustakaan sambil menunggu waktu ekstra dimulai. Petugas piket sore setiap hari dijadwal secara bergilir. Jumlah seluruh buku sekitar 23 eksemplar dengan jumlah siswa 960 orang.

Pengembangan perpustakaan dilaksanakan secara periodik dan insidental. Pada prinsipnya  perpustakaan dari tahun ke tahun berusaha meningkatkan sarana dan prasarana baik sarana fisik perpustakaan maupun non fisik.  SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta berencana menjadikan perpustakaan seideal mungkin diharapkan ke depannya pengembangan diarahkan pada perpustakaan digital.

Sejak pada tanggal 1 Juli 1989, Bersama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Majelis Dikdasmen beserta BP3/IKWAN SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dikembangkan  terus sehingga pembangunan  di lantai 2 dapat diselesaikan berkat bantuan pemerintah dan masyarakat dan oleh Bapak Suratman, B.A. dicanangkan berdirinya Perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pada tanggal 31 Maret 1991 tanah yang semula seluas 1183 m2 diperluas dengan menambah 350 m2 di sebelah timur sekolah. Pada tahun 1992 bangunan bertambah 6 ruang kelas baru.Jumlah siswa bertambah satu kelas. Ruang perpustakaan diperlebar menjadi 6 X 8 m 2. Ada penambahan rak kayu dua muka, satu rak Koran, satu rak majalah. Meja baca 20 unit, penambahan beberapa koleksi, dan satu unit komputer.Di sini ada pergantian pengelola lagi yaitu Ibu Mencik harus full menangani Bimbingan Konseling ( B K ) Pengelola perpustakaan diganti Ibu Hariyanti, dan ada tambahan tenaga lagi yaitu Ibu Jumari, Lulusan D III Perpustakaan UGM.

Usaha pembangunan unit II yang telah dirintis oleh Bapak H. Suratman, B.A dilanjutkan oleh Ibu Hj. Suwarti selaku pelaksana harian di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pembangunan dimulai September 1999-Juni 2000. Pada tanggal 2 Maret 2000, Bapak Drs. Suprapto yang semula guru SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dilantik oleh Kandepdiknas dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Dikdasmen Propinsi DIY menjadi Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pada tahun pelajaran 2000-2001 jumlah kelas 1 yang semula hanya 5 kelas ditambah menjadi 7 kelas sehingga jumlah kelas seluruhnya ada 17 kelas. Ada pergantian pengelola perpustakaan lagi berhubung Ibu Jumari pindah tugas ke Perpustakaan UGM. Pengganti ibu Jumari adalah Ibu Hermin Farida. Namun, beberapa tahun kemudian ada penambahan pengelola yaitu Ibu Feri Setyaningsih yang mengelola di perpustakaan unit 2. Di sini mulai ada penambahan mebeler dan koleksi. Hingga saat itu koleksi buku sudah mencapai  sekitar 8000 eksemplar. Selain itu untuk keperluan informasi dan promosi perpustakaan Kepala Sekolah membangun media komunikasi yang bernama CANDA RADIO KECIL MUGA ( Caraka).

Bulan Januari 2006 terjadi rotasi Kepala Sekolah di lingkungan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Ibu Heriyanti, S.Pd. yang semula guru di SMP ini dilantik Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menjadi Kepala Sekolah menggantikan Bapak Drs. Suprapto  yang dipindah ke SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Sejak kepemimpinan Ibu Heriyanti, S.Pd. prestasi sekolah maupun kedisiplinan semakin meningkat. Ruang perpustakaan diperluas menjadi dua lokal penuh dengan pembenahan sarana  prasarana perpustakaan secara besar-besaran. Mulai dari penambahan koleksi, penambahan pengelola, komputer, internet unit II sehingga pada tanggal 25 Agustus 2008 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta telah mendapat sertifikat sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN). Begitu juga dengan pengembangan sarana prasarana semakin ditingkatkan  diantaranya pemasangan LCD proyektor di seluruh ruang kelas unit 2, tersedianya hotspot area di unit 1 maupun unit 2, pembangunan sarana ibadah dan laboratorium IPA di unit I lantai 3 seluas 520 m2, pembangunan ruang kelas IT.

Prestasi yang diraih oleh sekolah selama kepemimpinan Ibu Heriyanti, S.Pd., M.M.  sangatlah menanjak, baik di bidang akademis maupun bidang non akademis antara lain: juara Nasional Karya Ilmiah Remaja atas nama Nur Amin dan M. Nirwan dengan karyanya “Knalpot Zeolit”, sebagai juara futsal se-Jawa yang diselenggarakan oleh Yayasan Muhammadiyah bekerja sama dengan British Council dan mengantarkan 2 siswa serta Kepala sekolah ke Inggris pada 13-21 Mei 2008, Juara Perpustakaan terbaik tingkat Kota Yogyakarta tahun 2008.  Pada tahun2009 Perpustakaan maju lagi lomba tingkat kota yang diikuti oleh 23 perpustakaan SMP sekota Yogyakarta , tetapi Perpustakaan SMP Muhamadiyah 3 mendapat posisi juara kedua. Dan saat ini  Perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta diunjuk oleh Kantor Arsip dan perpustakaan  kota untuk mewakili lomba PERPUSTAKAAN TINGKAT PROVINSI.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

oke selamat bergabung saja!

Pro Pendidikan

Mahal dan tidak pada tempatnya mengapa pendidikan begitu karena masih berpikir uang dan uang semua hanya satu kehendak pemerintah cq dinas pendidikan dan olah raga, mengapa semua bingung mencari sekolah padahal kenyatan dilapangan kebingungan karena nilai akghir yang dipunyai anak kita mempet maka mereka kembali setelah tidak mengharap masuk kesekolahnegeri mereka berlomba-lomba masuk swata yang tentu lebih mahal , bukankah dalam uud 1945 calah satu adalah ikut mencerdaskan bangsa bagaimapun kita harus tetap komitmen memerjungan pendidikan untuksemua secara mandiri adalah tolok ukur kita,
Kemandirian sepertinya harus kita pupuk dalam pmbelajaran kepad siswa dan anak didik kita karena persaingan semakin ketat dalam dunia yang penudj trik dan maju dalam bidang apapun ini, sayidj

SUARa KRISTIS PINGGIR JALAN

welcome my friend!!!

blog ini dalam perubahan besar bukan untuk mencari sensasi tetapi berhubung atas suatu hal kami akan berubah sedikit demiu sedikit untuk kenyamanan anda, boleh copy paste gratis asal bertanggung jawab atas diri sendiri,selamat menikmati blog ini,

sayid jumianto