selamat datang

Loading...

welcome to education care center378

Memuat...
Ada kesalahan di dalam gadget ini

kyai haji Ahmad dahlan

kyai haji Ahmad dahlan
benar-benar pionier...

bapak pendidikan nasional ki Hajar dewantara

bapak pendidikan nasional ki Hajar dewantara
Jas merah kata Bung Karno jangan lupa sejarah

02/02/11

rpp kelas 3 tematik

ecc378 oke selamat bergabung saja!

1. PERTANIAN
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU

A. STANDAR KOMPETENSI
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber

IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

V. Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi

B. KOMPETENSI DASAR
PKN : 4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
IPS : 2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
IPA : 4.2

4.3
5.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Matematika : 3.1 Mengenal pecahan sederhana
Bahasa Indonesia : 5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
5.2

6.2
7.1

8.1 Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik

C. INDIKATOR
PKN :  Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
 Menyebutkan manfaat sungai
 Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
 Mengidentifikasi hasil laut
IPS :  Menjelaskan alasan orang harus bekerja
 Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
 Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :  Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
 Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
 Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
 Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
 Membaca bacaan agak panjang secara intensif
 Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
 Menulis kalimat berita
 Memilih kalimat berita
 Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
 Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :  Menyebutkan pengertian angin
 Menunjukkan pengertian angin
 Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
 Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
 Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
 Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
 Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
Matematika :  Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
 Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
 Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
 Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
 Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
 Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
 Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN :  Siswa dapat mendeskripsikan letak geografis Indonesia
 Siswa dapat menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
 Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
 Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
 Siswa dapat menyebutkan hasil laut
 Siswa dapat menyebutkan manfaat sungai
 Siswa dapat menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
IPS :  Siswa dapat menjelaskan pentingnya semangat kerja
 Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
 Siswa dapat menjelaskan alasan orang harus bekerja
IPA :  Siswa dapat menyebutkan pengertian angin
 Siswa dapat menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
 Siswa dapat menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
 Siswa dapat membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
 Siswa dapat menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
 Siswa dapat menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
Matematika :  Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
 Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
 Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
 Siswa dapat membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
 Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
 Siswa dapat membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
 Siswa dapat menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
Bahasa Indonesia :  Siswa dapat mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
 Siswa dapat melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
 Siswa dapat menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
 Siswa dapat menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
 Siswa dapat membacakan bacaan agak panjang secara intensif
 Siswa dapat membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
 Siswa dapat menulis kalimat berita
 Siswa dapat memilih kalimat berita
 Siswa dapat menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
 Siswa dapat menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan

II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
• Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
• Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
• Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
 Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Siswa melakukan pengamatan terhadap angin yang dihasilkan oleh kipas angin.
• Siswa menjelaskan bahwa angin memiliki energi
• Siswa menjelaskan bahwa angin dapat menimbulkan energi gerak
PKN
• Siswa menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kekayaan alam
• Siswa diminta menyebutkan 1 contoh kekayaan alam yang berupa hasil hutan
• Siswa menjelaskan jenis-jenis hutan beserta fungsinya
• Siswa tanya jawab mengenai fungsi hutan
• Siswa menjelasakan akibat dari penebangan pohon secara liar
• Siswa menjelaskan tanah mengandung bahan-bahan tambang yang berguna bagi manusia
• Siswa menjelaskan penggolongan bahan tambang
Matematika
• Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
• Siswa dapat membuktikab pecahan 1/3, 1/6

 Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Setelah mendengarkan penjelasan petunjuk melakukan sesuatu
• Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan
• Siswa meringkas penjelasan yang didengar
IPS
• Guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang pekerjaan orang tua, untuk apa orangtua bekerja
• Guru menjelaskan pentingnya suatu keeterampilan agar mudah mendapat pekerjaan
• Guru menjelaskan pentingnya orang memiliki semangat kerja
Matematika
• Guru memberi contoh cara menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
• Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/2, 1/4

 Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonsia
• Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencatat berita tentang bencana alam yang didengar
• Siswa menceritakan kembali tentang bencana alam yang dilihat di televisi
Matematika
• Guru memberi contoh menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
• Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
IPA
• Guru menjelaskan angin memiliki energi untuk menggerakkan band-benda]
• Siswa memberi contoh benda-benda yang dapat digerakkan oleh angin.

 Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
Bahasa Indonesia
• Guru memberi contoh cara membaca yang baik dan benar
• Siswa disuruh membaca bacaan yang agak panjang dengan huruf intensif (seorang-seorang)
IPS
• Guru menjelaskan pentingnya seseorang memiliki semangat kerja
• Siswa menjelaskan akibat dari tidak memiliki semangat kerja

Minggu II
 Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Guru bertenya jawab dengan siswa tentang manfaat angin
• Guru menjelaskan selain angin bermanfaat, angin juga merugikan
• Siswa memberi salah satu contoh angin yang merugikan
PKn
• Guru bercerita tentang kehidupan di pantai
• Siswa menarik kesimpulan dari cerita itu tentang apa yang dihasilkan laut, bagaimana memelihara kekayaan laut
Matematika
• Guru memberikan contoh tentang menentukan nilai pecahan melalui gambar
• Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar

 Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Guru memberikan 3 buah gambar secara acak
• Siswa mengurutkan 3 buah gambar
• Siswa menyusun karngan berdasarakan gambar tersebut
• Siswa menulis kalimat berita dengan benara
• Siswa memilih kalimat berita dengan benar
IPS
• Guru menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
• Siswa menarik kesimpulan dari ciri-ciri orang memiliki semangat kerja
Matematika
• Guru memberikan contoh tentang cara menentukan pecahan melalui gambar
• Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar

 Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
• Guru memberikan sebuah teks bacaan
• Siswa dapat menyebutkan pokok-pokok pikiran dalam bacaan tersebut.
Matematika
• Guru memberikan gambar-gambar yang sudah ada nilai pecahannya
• Siswa disuruh mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
• Guru memberi contoh kalau siang hari panas, jemuran bisa kering. Mengapa pakaian basah bisa kering, dari mana sumbernya?
• Siswa memberi contoh yang lain berkaitan dengan sumber energi
• Siswa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan energi berdasarakan contoh yang diberikan

 Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
B. Indonesia
• Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari atau menulis berita yang dibacanya dari media cetak
• Siswa sendiri-sendiri dapat menceritakan kembali tentang bencana alam yang ditulisnya dari media cetak
IPS
• Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
• Siswa menyebutkan manfaat kejujuran

Minggu III
 Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Guru memberikan contoh : Ibu sedang memasak di dapur menggunakan kompor minyak tanah.
• Siswa memberikan contoh-contoh yang lain yang berkaitan dengan sumber energi dan pemanfaatannya
PKn
• Guru menjelaskan hasil-hasil kekayaan sungai
• Guru menjelaskan maksud tanaman palawija
• Siswa menyebutkan tanaman palawija yang biasa ditanam di Indonesia
Matematika
• Guru memebrikan gambar-gambar tersebut sesuai dengan pecahannya
• Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya

 Pertemuan II : 6 x 36 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Guru memberikan sebuah gambar
• Siswa membuat karangan sendiri sesuai dengan gambar yang dilihatnya
IPS
• Guru memberikan ilustrasi bagaimana akibatnya orang yang tidak jujur dalam bekerja
• Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
Matematika
• Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya

 Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
• Guru membagi kelompok sesuai dengan jumlah peran yang ada di teks drama
• Tiap kelompok melakukan percakapan sesuai dengan teks drama yang dibacanya
Matematika
• Guru memberikan gambar-gambar sudah ada nilai pecahannya
• Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai nilai pecahannya
• Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
• Guru menjelaskan alasan perlunya berhemat energi
• Siswa memberikan contoh penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari

 Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
Bahasa Indonesia
• Guru memberikan contoh suatu pernyataan, kemudian memberikan tanggapan terhadapan pernyataan tersebut
• Siswa diberi tugas untuk mengemukakan pendapat secara tertulis terhadap suatu penyataan.
IPS
• Guru bertanya jawab dengan siswa tentang ciri-ciri orang yang jujur
• Siswa mengemukakan keuntungan orang yang memiliki sifat jujur dalam kehidupan sehari-hari

C. Kegiatan Akhir
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

III. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik

B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar baju daerah
2. Gambar-gambar rumah ibadah
3. Gambar-gambar rumah adat
4. Kompas
5. Kincir angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat

IV. PENILAIAN
1. Teknik Tes
Tes dan non tes
2. Bentuk Tes
Lisan :
1. Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
2. Ketepatan menjawab
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Tertulis :
1. Isian
2. Pilihan Ganda
3. Uraian
4. Tes perbuatan
3. Instrumen Tes
1. LKS
2. Lembar observasi

V. MATERI POKOK
1. PKn
 Kekayaan alam Indonesia
 Harga diri
 Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
 Jenis-jenis pekerjaan
 Semangat kerja
 Jual beli
 Uang
 Pengelolaan uang
3. IPA
 Energi
 Gerak benda
 Kenampakan permukaan bumi
 Cuaca
 Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
 Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4. Matematika
 Pecahan
 Bangun datar
 Sudur
 Persegi dan persegi panjang
5. Bahasa Indonesia
 Menanggapi cerita
 Menirukan dialog
 Menceritakan peristiwa
 Percakapan
 Menjawab pertanyaan
 Menulis karangan

VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas



2. KEPERLUAN SEHARI – HARI
ALOKASI WAKTU : 4 MINGGU

A. STANDAR KOMPETENSI
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu

II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
5. Memahami konsep energi gerak

IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

V. Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi


B. KOMPETENSI DASAR
PKN :  Mengenal pentingnya harga diri
IPS :  Mengenal jenis-jenis pekerjaan
IPA :  Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
Matematika :  Mengenal pecahan sederhana
Bahasa Indonesia :  Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
 Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
 Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
 Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
 Menulis karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik.

C. INDIKATOR
PKN :  Mengidentifikasi harga diri
 Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
 Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
 Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
 Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
IPS :  Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
 Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
 Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
 Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
 Menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA :  Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
 Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
 Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
 Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
 Menjelaskan pentingnya menghemat energi
 Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
 Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
 Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
Matematika :  Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
 Membilang pecahan dengan kata-kata
 Menuliskan pecahan dengan lambang
 Menuliskan pecahan dengan kata-kata
 Membilang pecahan dengan lambang
 Membandingkan dua buah pecahan
 Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
 Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
Bahasa Indonesia :  Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
 Mendengarkan pembacaan cerita
 Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
 Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
 Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
 Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
 Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
 Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
 Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
 Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
 Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
 Mengajukan pertanyaan dari bacaan
 Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN :  Siswa dapat mengidentifikasi harga diri
 Siswa dapat menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
 Siswa dapat mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
 Siswa dapat memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
 Siswa dapat menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
IPS :  Siswa dapat mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
 Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
 Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
 Siswa dapat membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
 Siswa dapat menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA :  Siswa dapat mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
 Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
 Siswa dapat membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
 Siswa dapat menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
 Siswa dapat menjelaskan pentingnya menghemat energi
 Siswa dapat memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
 Siswa dapat menerapkan cara menghemat energi di sekolah
 Siswa dapat menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
Matematika :  Siswa dapat menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
 Siswa dapat membilang pecahan dengan kata-kata
 Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
 Siswa menuliskan pecahan dengan kata-kata
 Siswa membilang pecahan dengan lambang
 Siswa membandingkan dua buah pecahan
 Siswa menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
 Siswa menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
Bahasa Indonesia :  Siswa menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
 Siswa mendengarkan pembacaan cerita
 Siswa menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
 Siswa menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
 Siswa memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
 Siswa menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
 Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat
 Siswa menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
 Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
 Siswa menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
 Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
 Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
 Siswa menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri

II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
• Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
• Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
• Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
 Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Guru bersama siswa melakukan percobaan berbagai gerak benda
• Siswa mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
• Siswa mencatat hasil percobaan
PKn
• Guru menjelaskan pentingnya memiliki harga diri
• Guru menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
• Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri

Matematika
• Guru menyajikan gambar yang dibagi beberapa bagian
• Guru melukiskan lambang pecahannya
• Siswa membilang dengan kata-kata

 Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Siswa membaca bacaan dengan seksama
• Siswa menjawab pertanyaan bacaan
• Guru menilai hasil jawaban siswa
IPS
• Guru bersama siswa mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan
• Guru menjelakan pekerjaan yang dikelola oleh swasta dan pemerintah
• Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang dikelola aleh swasta
Matematika
• Siswa menggambar bangun datar yang melambangkan pecahan
• Siswa menuliskan lambang pecahannya untuk tiap-tiap gambar
• Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa

 Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
• Guru menjelaskan cara pemekaian tanda koma ( , ) di depan bilangan persepuluhan
• Siswa menggunakan tanda koma dalam kalimat yang ada bilangannya
• Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Matematika
• Guru menjelaskan cara membilang pecahan dengan lambang pecahan
• Siswa membilang dan membaca lambang pecahan
• Guru memberi soal-soal pecahan dan siswa mengerjakannya
IPA
• Guru dan siswa mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
• Siswa menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan permukaannya
• Siswa menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan berat benda

 Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
B. Indonesia
• Guru menjelaskan penggunaan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah.
• Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
IPS
• Siswa menunjukkan jenis pekerjaan yang bergerak di bidang jasa
• Siswa mengelompokkan jenis pekerjaan yang termasuk wiraswasta
• Siswa mencatat jenis pekerjaan baik yang dikelola swasta atau pemerintahan maupun wiraswata

Minggu II
 Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Guru menjelaskan kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari
• Siswa membuat daftar benda dan kegunaanya
• Guru menilai hasil kerja siswa
PKn
• Guru mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
• Guru menjelaskan mengapa manusia penting memiliki harga diri
• Siswa menjawab pertanyaan guru tentang harga diri
Matematika
• Guru menyajikan nilai pecahan
• Siswa menentukan nilai pecahan dengan gambar
• Siswa menggambar bangun datar yang menunjukkan nilai pecahan

 Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Guru membacakan sebuah cerita
• Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita guru
• Siswa menceritakan kembali secara singkat cerita yang dibacakan guru
IPS
• Guru menjelaskan manfaat dari tiap jenis pekerjaan
• Siswa membedakan dari ketiga jenis pekerjaan
• Guru menanggapi penjelasan/ pendapat siswa
Matematika
• Guru menyajikan gambar dengan nilai pecahannya
• Siswa menentukan benar atau salah nilai pecahan sesuai gambarnya
• Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa

 Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
• Beberapa siswa menceritakan pengalaman di sekitar sekolah di depan kelas
• Siswa lain menanggapi cerita teman-temannya
• Siswa menanggapi maslah yang didengarnya secara lisan
Matematika
• Guru menyajikan nilai pecahan seperdua dan seperempat berikut gambarnya
• Siswa membaca pecahan seperdua, seperempat, dua perempat, tiga perempat
• Siswa menuliskan nilai pecahan dengan kata-kata
IPA
• Guru menjelaskan berbagai gerak benda sesuai keperluannya
• Siswa menyebutkan contoh dari gerak benda di air
• Siswa memberikan contoh dari gerak benda di darat

 Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia , IPS)
Bahasa Indonesia
• Guru memberi contoh cara membuat penggalan dari satu cerita
• Siswa menirukan penggalan percakapan dari sebuah cerita
• Guru meanggapinya dengan penjelasan yang lebih jelas

IPS
• Guru menugaskan tiap siswa bertanya ke sisw lain tentang pekerjaan orang tua
• Siswa mencatat jenis pekerjaan orang tua kelas 3
• Siswa membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3

Minggu III
 Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Guru menjelaskan pentingnya menghemat energi
• Guru menjelaskan bahwa sumber daya alam merupakan salah satu cara menghemat energi
• Siswa mencatat rangkuman tentang hemat energi
PKn
• Guru menjelaskan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
• Siswa mengidentifikasi bentuk harga diri pribadi
Matematika
• Siswa mengisi lambang pecahan yang ditunjukkan oleh bagian yang diarsir
• Siswa mengubah nama pecahan dengan lambang pecahan

 Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Siswa mengemukakan pendapat secara lisan tentang cerita yang didengar
• Siswa memberikan saran atas pendapat teman lain
• Siswa menuliskan pendapat dan sarannya
IPS
• Siswa mengidentifikasi jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
• Guru menanggapi pendapat siswa
• Guru menjelaskan kembali jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Matematika
• Guru menjelaskan cara penyelesaian soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
• Guru dan siswa menuliskan kalimat matematikanya pada gambar
• Guru menilai hasil pekerjaan siswa

 Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPS)
Bahasa Indonesia
• Siswa menceritakan pengalaman yang menyenangkan
• Siswa menceritakan pengalaman secara tertulis
• Guru menanggapi cerita siswa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan

Matematika
• Guru menjelaskan arti tanda pembanding kurang dari atau lebih dari
• Siswa menggunakan tanda pembanding pada dua gambar yang berbentuk sama
• Guru menilai hasil pekerjaan siswa

IPA
• Siswa memberikan contoh cara penghematan energi di rumah
• Guru menaggapi pendapat siswa
• Siswa mencatat beberapa cara penghematan energi di rumah

 Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
Bahasa Indonesia
• Guru mengajukan pertanyaan dari bacaan yang dibaca siswa
• Siswa menjawabnya secara tertulis
• Guru memberi penilaian atas jawaban siswa


IPS
• Guru menjelaskan cara memanfaatkan kesempatan kerja
• Siswa menyebutkan cara memanfaatkan kesempatan kerja
• Siswa menyebutkan lapangan kerja yang ada di sekitar siswa

Minggu IV
Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika )
IPA
 Siswa menjelaskan cara penghematan energi di sekolah
 Siswa menanggapi penjelasan guru
 Siswa menyebutkan contoh penghematan energi di sekolah

PKn
 Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri
 Siswa mencatat bentuk-bentuk harga diri
 Guru menanggapi pendapat siswa

Matematika
 Guru menjelaskan tanda pembanding
 Guru membandingkan dua buah pecahan
 Siswa meletakan tanda pembanding diantara dua buah pecahan

Pertemuan II : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, IPS, Matematika )
Bahasa Indonesia
 Siswa membaca sebuah dongeng
 Siswa menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri
 Guru memberi tanggapan / penilaian atas cerita siswa

IPS
 Siswa menyebutkan manfaat semangat kerja
 Siswa menjelaskan alasan mengapa oranng harus bekerja
 Guru menanggapi dengan memberi kesimpulan tentang perlunya bekerja dan semangat kerja

Matematika
 Siswa menggunakan tanda pembanding kurang dari pada kalimat matematika
 Siswa menggunakan tanda pembanding lebih dari pada soal matematika
 Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa

Pertemuan III : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika, IPA )
Bahasa Indonesia
 Guru menugaskan pada siswa untuk menceritakan suatu tempat secara tertulis
 Siswa menuliskan secara terperinci suatu tempat

Matematika
 Siswa mengerjakan soal-soal tentang pecahan
 Siswa menggambar beberapa bentuk gambar yang diarsir
 Siswa menuliskan nilai pecahannya diantara gambar

IPA
 Siswa menyebutkan cara penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari
 Siswa mencatat hasil pendapatnya
 Guru menanggapi dan memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Pertemuan IV : 3 x 35 menit ( B. Indonesia, IPS )
Bahasa Indonesia
 menjelaskan urutan pengalaman menuju suatu tempat
 Siswa lain mendengarkan dan mengomentarinya
 Guru menanggapi penjelasan siswa

IPS
 Guru menjelaskan bagaimana cara menjaga semangat kerja
 Siswa menyebutkan cara mengatasi kemalasan
 Siswa mencatat cara-cara mengatasi kemalasan


C. Kegiatan Akhir
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

III. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik

B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar baju daerah
2. Gambar-gambar rumah ibadah
3. Gambar-gambar rumah adat
4. Kompas
5. Kincir angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat

IV. PENILAIAN
1. Teknik Tes
Tes dan non tes
2. Bentuk Tes
Lisan :
1. Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
2. Ketepatan menjawab
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Tertulis :
1. Isian
2. Pilihan Ganda
3. Uraian
4. Tes perbuatan
3. Instrumen Tes
1. LKS
2. Lembar observasi

V. MATERI POKOK
1. PKn
 Kekayaan alam Indonesia
 Harga diri
 Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
 Jenis-jenis pekerjaan
 Semangat kerja
 Jual beli
 Uang
 Pengelolaan uang
3. IPA
 Energi
 Gerak benda
 Kenampakan permukaan bumi
 Cuaca
 Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
 Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4. Matematika
 Pecahan
 Bangun datar
 Sudur
 Persegi dan persegi panjang
5. Bahasa Indonesia
 Menanggapi cerita
 Menirukan dialog
 Menceritakan peristiwa
 Percakapan
 Menjawab pertanyaan
 Menulis karangan

VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas


3. KERAJINAN TANGAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

oke selamat bergabung saja!

Pro Pendidikan

Mahal dan tidak pada tempatnya mengapa pendidikan begitu karena masih berpikir uang dan uang semua hanya satu kehendak pemerintah cq dinas pendidikan dan olah raga, mengapa semua bingung mencari sekolah padahal kenyatan dilapangan kebingungan karena nilai akghir yang dipunyai anak kita mempet maka mereka kembali setelah tidak mengharap masuk kesekolahnegeri mereka berlomba-lomba masuk swata yang tentu lebih mahal , bukankah dalam uud 1945 calah satu adalah ikut mencerdaskan bangsa bagaimapun kita harus tetap komitmen memerjungan pendidikan untuksemua secara mandiri adalah tolok ukur kita,
Kemandirian sepertinya harus kita pupuk dalam pmbelajaran kepad siswa dan anak didik kita karena persaingan semakin ketat dalam dunia yang penudj trik dan maju dalam bidang apapun ini, sayidj

SUARa KRISTIS PINGGIR JALAN

welcome my friend!!!

blog ini dalam perubahan besar bukan untuk mencari sensasi tetapi berhubung atas suatu hal kami akan berubah sedikit demiu sedikit untuk kenyamanan anda, boleh copy paste gratis asal bertanggung jawab atas diri sendiri,selamat menikmati blog ini,

sayid jumianto