ecc378 oke selamat bergabung saja!
1. PERTANIAN
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR KOMPETENSI
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI DASAR
PKN : 4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
IPS : 2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
IPA : 4.2
4.3
5.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Matematika : 3.1 Mengenal pecahan sederhana
Bahasa Indonesia : 5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
5.2
6.2
7.1
8.1 Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
C. INDIKATOR
PKN : Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
Menyebutkan manfaat sungai
Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
Mengidentifikasi hasil laut
IPS : Menjelaskan alasan orang harus bekerja
Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia : Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
Membaca bacaan agak panjang secara intensif
Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
Menulis kalimat berita
Memilih kalimat berita
Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA : Menyebutkan pengertian angin
Menunjukkan pengertian angin
Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
Matematika : Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN : Siswa dapat mendeskripsikan letak geografis Indonesia
Siswa dapat menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
Siswa dapat menyebutkan hasil laut
Siswa dapat menyebutkan manfaat sungai
Siswa dapat menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
IPS : Siswa dapat menjelaskan pentingnya semangat kerja
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
Siswa dapat menjelaskan alasan orang harus bekerja
IPA : Siswa dapat menyebutkan pengertian angin
Siswa dapat menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
Siswa dapat menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
Siswa dapat membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
Siswa dapat menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
Siswa dapat menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
Matematika : Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
Siswa dapat membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
Siswa dapat membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
Siswa dapat menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
Bahasa Indonesia : Siswa dapat mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
Siswa dapat melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
Siswa dapat menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
Siswa dapat menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
Siswa dapat membacakan bacaan agak panjang secara intensif
Siswa dapat membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
Siswa dapat menulis kalimat berita
Siswa dapat memilih kalimat berita
Siswa dapat menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
Siswa dapat menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
• Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
• Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
• Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Siswa melakukan pengamatan terhadap angin yang dihasilkan oleh kipas angin.
• Siswa menjelaskan bahwa angin memiliki energi
• Siswa menjelaskan bahwa angin dapat menimbulkan energi gerak
PKN
• Siswa menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kekayaan alam
• Siswa diminta menyebutkan 1 contoh kekayaan alam yang berupa hasil hutan
• Siswa menjelaskan jenis-jenis hutan beserta fungsinya
• Siswa tanya jawab mengenai fungsi hutan
• Siswa menjelasakan akibat dari penebangan pohon secara liar
• Siswa menjelaskan tanah mengandung bahan-bahan tambang yang berguna bagi manusia
• Siswa menjelaskan penggolongan bahan tambang
Matematika
• Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
• Siswa dapat membuktikab pecahan 1/3, 1/6
Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Setelah mendengarkan penjelasan petunjuk melakukan sesuatu
• Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan
• Siswa meringkas penjelasan yang didengar
IPS
• Guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang pekerjaan orang tua, untuk apa orangtua bekerja
• Guru menjelaskan pentingnya suatu keeterampilan agar mudah mendapat pekerjaan
• Guru menjelaskan pentingnya orang memiliki semangat kerja
Matematika
• Guru memberi contoh cara menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
• Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/2, 1/4
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonsia
• Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencatat berita tentang bencana alam yang didengar
• Siswa menceritakan kembali tentang bencana alam yang dilihat di televisi
Matematika
• Guru memberi contoh menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
• Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
IPA
• Guru menjelaskan angin memiliki energi untuk menggerakkan band-benda]
• Siswa memberi contoh benda-benda yang dapat digerakkan oleh angin.
Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
Bahasa Indonesia
• Guru memberi contoh cara membaca yang baik dan benar
• Siswa disuruh membaca bacaan yang agak panjang dengan huruf intensif (seorang-seorang)
IPS
• Guru menjelaskan pentingnya seseorang memiliki semangat kerja
• Siswa menjelaskan akibat dari tidak memiliki semangat kerja
Minggu II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Guru bertenya jawab dengan siswa tentang manfaat angin
• Guru menjelaskan selain angin bermanfaat, angin juga merugikan
• Siswa memberi salah satu contoh angin yang merugikan
PKn
• Guru bercerita tentang kehidupan di pantai
• Siswa menarik kesimpulan dari cerita itu tentang apa yang dihasilkan laut, bagaimana memelihara kekayaan laut
Matematika
• Guru memberikan contoh tentang menentukan nilai pecahan melalui gambar
• Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Guru memberikan 3 buah gambar secara acak
• Siswa mengurutkan 3 buah gambar
• Siswa menyusun karngan berdasarakan gambar tersebut
• Siswa menulis kalimat berita dengan benara
• Siswa memilih kalimat berita dengan benar
IPS
• Guru menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
• Siswa menarik kesimpulan dari ciri-ciri orang memiliki semangat kerja
Matematika
• Guru memberikan contoh tentang cara menentukan pecahan melalui gambar
• Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
• Guru memberikan sebuah teks bacaan
• Siswa dapat menyebutkan pokok-pokok pikiran dalam bacaan tersebut.
Matematika
• Guru memberikan gambar-gambar yang sudah ada nilai pecahannya
• Siswa disuruh mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
• Guru memberi contoh kalau siang hari panas, jemuran bisa kering. Mengapa pakaian basah bisa kering, dari mana sumbernya?
• Siswa memberi contoh yang lain berkaitan dengan sumber energi
• Siswa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan energi berdasarakan contoh yang diberikan
Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
B. Indonesia
• Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari atau menulis berita yang dibacanya dari media cetak
• Siswa sendiri-sendiri dapat menceritakan kembali tentang bencana alam yang ditulisnya dari media cetak
IPS
• Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
• Siswa menyebutkan manfaat kejujuran
Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Guru memberikan contoh : Ibu sedang memasak di dapur menggunakan kompor minyak tanah.
• Siswa memberikan contoh-contoh yang lain yang berkaitan dengan sumber energi dan pemanfaatannya
PKn
• Guru menjelaskan hasil-hasil kekayaan sungai
• Guru menjelaskan maksud tanaman palawija
• Siswa menyebutkan tanaman palawija yang biasa ditanam di Indonesia
Matematika
• Guru memebrikan gambar-gambar tersebut sesuai dengan pecahannya
• Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
Pertemuan II : 6 x 36 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Guru memberikan sebuah gambar
• Siswa membuat karangan sendiri sesuai dengan gambar yang dilihatnya
IPS
• Guru memberikan ilustrasi bagaimana akibatnya orang yang tidak jujur dalam bekerja
• Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
Matematika
• Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
• Guru membagi kelompok sesuai dengan jumlah peran yang ada di teks drama
• Tiap kelompok melakukan percakapan sesuai dengan teks drama yang dibacanya
Matematika
• Guru memberikan gambar-gambar sudah ada nilai pecahannya
• Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai nilai pecahannya
• Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
• Guru menjelaskan alasan perlunya berhemat energi
• Siswa memberikan contoh penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
Bahasa Indonesia
• Guru memberikan contoh suatu pernyataan, kemudian memberikan tanggapan terhadapan pernyataan tersebut
• Siswa diberi tugas untuk mengemukakan pendapat secara tertulis terhadap suatu penyataan.
IPS
• Guru bertanya jawab dengan siswa tentang ciri-ciri orang yang jujur
• Siswa mengemukakan keuntungan orang yang memiliki sifat jujur dalam kehidupan sehari-hari
C. Kegiatan Akhir
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
III. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar baju daerah
2. Gambar-gambar rumah ibadah
3. Gambar-gambar rumah adat
4. Kompas
5. Kincir angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat
IV. PENILAIAN
1. Teknik Tes
Tes dan non tes
2. Bentuk Tes
Lisan :
1. Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
2. Ketepatan menjawab
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Tertulis :
1. Isian
2. Pilihan Ganda
3. Uraian
4. Tes perbuatan
3. Instrumen Tes
1. LKS
2. Lembar observasi
V. MATERI POKOK
1. PKn
Kekayaan alam Indonesia
Harga diri
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
Jenis-jenis pekerjaan
Semangat kerja
Jual beli
Uang
Pengelolaan uang
3. IPA
Energi
Gerak benda
Kenampakan permukaan bumi
Cuaca
Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4. Matematika
Pecahan
Bangun datar
Sudur
Persegi dan persegi panjang
5. Bahasa Indonesia
Menanggapi cerita
Menirukan dialog
Menceritakan peristiwa
Percakapan
Menjawab pertanyaan
Menulis karangan
VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
2. KEPERLUAN SEHARI – HARI
ALOKASI WAKTU : 4 MINGGU
A. STANDAR KOMPETENSI
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
5. Memahami konsep energi gerak
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI DASAR
PKN : Mengenal pentingnya harga diri
IPS : Mengenal jenis-jenis pekerjaan
IPA : Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
Matematika : Mengenal pecahan sederhana
Bahasa Indonesia : Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
Menulis karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik.
C. INDIKATOR
PKN : Mengidentifikasi harga diri
Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
IPS : Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
Menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA : Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
Menjelaskan pentingnya menghemat energi
Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
Matematika : Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
Membilang pecahan dengan kata-kata
Menuliskan pecahan dengan lambang
Menuliskan pecahan dengan kata-kata
Membilang pecahan dengan lambang
Membandingkan dua buah pecahan
Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
Bahasa Indonesia : Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
Mendengarkan pembacaan cerita
Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
Mengajukan pertanyaan dari bacaan
Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN : Siswa dapat mengidentifikasi harga diri
Siswa dapat menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
Siswa dapat mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
Siswa dapat memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
Siswa dapat menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
IPS : Siswa dapat mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
Siswa dapat membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
Siswa dapat menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA : Siswa dapat mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
Siswa dapat membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
Siswa dapat menjelaskan pentingnya menghemat energi
Siswa dapat memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
Siswa dapat menerapkan cara menghemat energi di sekolah
Siswa dapat menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
Matematika : Siswa dapat menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
Siswa dapat membilang pecahan dengan kata-kata
Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
Siswa menuliskan pecahan dengan kata-kata
Siswa membilang pecahan dengan lambang
Siswa membandingkan dua buah pecahan
Siswa menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
Siswa menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
Bahasa Indonesia : Siswa menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
Siswa mendengarkan pembacaan cerita
Siswa menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
Siswa menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
Siswa memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
Siswa menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat
Siswa menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
Siswa menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
Siswa menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
• Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
• Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
• Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Guru bersama siswa melakukan percobaan berbagai gerak benda
• Siswa mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
• Siswa mencatat hasil percobaan
PKn
• Guru menjelaskan pentingnya memiliki harga diri
• Guru menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
• Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri
Matematika
• Guru menyajikan gambar yang dibagi beberapa bagian
• Guru melukiskan lambang pecahannya
• Siswa membilang dengan kata-kata
Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Siswa membaca bacaan dengan seksama
• Siswa menjawab pertanyaan bacaan
• Guru menilai hasil jawaban siswa
IPS
• Guru bersama siswa mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan
• Guru menjelakan pekerjaan yang dikelola oleh swasta dan pemerintah
• Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang dikelola aleh swasta
Matematika
• Siswa menggambar bangun datar yang melambangkan pecahan
• Siswa menuliskan lambang pecahannya untuk tiap-tiap gambar
• Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
• Guru menjelaskan cara pemekaian tanda koma ( , ) di depan bilangan persepuluhan
• Siswa menggunakan tanda koma dalam kalimat yang ada bilangannya
• Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Matematika
• Guru menjelaskan cara membilang pecahan dengan lambang pecahan
• Siswa membilang dan membaca lambang pecahan
• Guru memberi soal-soal pecahan dan siswa mengerjakannya
IPA
• Guru dan siswa mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
• Siswa menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan permukaannya
• Siswa menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan berat benda
Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
B. Indonesia
• Guru menjelaskan penggunaan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah.
• Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
IPS
• Siswa menunjukkan jenis pekerjaan yang bergerak di bidang jasa
• Siswa mengelompokkan jenis pekerjaan yang termasuk wiraswasta
• Siswa mencatat jenis pekerjaan baik yang dikelola swasta atau pemerintahan maupun wiraswata
Minggu II
Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Guru menjelaskan kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari
• Siswa membuat daftar benda dan kegunaanya
• Guru menilai hasil kerja siswa
PKn
• Guru mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
• Guru menjelaskan mengapa manusia penting memiliki harga diri
• Siswa menjawab pertanyaan guru tentang harga diri
Matematika
• Guru menyajikan nilai pecahan
• Siswa menentukan nilai pecahan dengan gambar
• Siswa menggambar bangun datar yang menunjukkan nilai pecahan
Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Guru membacakan sebuah cerita
• Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita guru
• Siswa menceritakan kembali secara singkat cerita yang dibacakan guru
IPS
• Guru menjelaskan manfaat dari tiap jenis pekerjaan
• Siswa membedakan dari ketiga jenis pekerjaan
• Guru menanggapi penjelasan/ pendapat siswa
Matematika
• Guru menyajikan gambar dengan nilai pecahannya
• Siswa menentukan benar atau salah nilai pecahan sesuai gambarnya
• Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
• Beberapa siswa menceritakan pengalaman di sekitar sekolah di depan kelas
• Siswa lain menanggapi cerita teman-temannya
• Siswa menanggapi maslah yang didengarnya secara lisan
Matematika
• Guru menyajikan nilai pecahan seperdua dan seperempat berikut gambarnya
• Siswa membaca pecahan seperdua, seperempat, dua perempat, tiga perempat
• Siswa menuliskan nilai pecahan dengan kata-kata
IPA
• Guru menjelaskan berbagai gerak benda sesuai keperluannya
• Siswa menyebutkan contoh dari gerak benda di air
• Siswa memberikan contoh dari gerak benda di darat
Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia , IPS)
Bahasa Indonesia
• Guru memberi contoh cara membuat penggalan dari satu cerita
• Siswa menirukan penggalan percakapan dari sebuah cerita
• Guru meanggapinya dengan penjelasan yang lebih jelas
IPS
• Guru menugaskan tiap siswa bertanya ke sisw lain tentang pekerjaan orang tua
• Siswa mencatat jenis pekerjaan orang tua kelas 3
• Siswa membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
Minggu III
Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
• Guru menjelaskan pentingnya menghemat energi
• Guru menjelaskan bahwa sumber daya alam merupakan salah satu cara menghemat energi
• Siswa mencatat rangkuman tentang hemat energi
PKn
• Guru menjelaskan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
• Siswa mengidentifikasi bentuk harga diri pribadi
Matematika
• Siswa mengisi lambang pecahan yang ditunjukkan oleh bagian yang diarsir
• Siswa mengubah nama pecahan dengan lambang pecahan
Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
• Siswa mengemukakan pendapat secara lisan tentang cerita yang didengar
• Siswa memberikan saran atas pendapat teman lain
• Siswa menuliskan pendapat dan sarannya
IPS
• Siswa mengidentifikasi jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
• Guru menanggapi pendapat siswa
• Guru menjelaskan kembali jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Matematika
• Guru menjelaskan cara penyelesaian soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
• Guru dan siswa menuliskan kalimat matematikanya pada gambar
• Guru menilai hasil pekerjaan siswa
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPS)
Bahasa Indonesia
• Siswa menceritakan pengalaman yang menyenangkan
• Siswa menceritakan pengalaman secara tertulis
• Guru menanggapi cerita siswa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
Matematika
• Guru menjelaskan arti tanda pembanding kurang dari atau lebih dari
• Siswa menggunakan tanda pembanding pada dua gambar yang berbentuk sama
• Guru menilai hasil pekerjaan siswa
IPA
• Siswa memberikan contoh cara penghematan energi di rumah
• Guru menaggapi pendapat siswa
• Siswa mencatat beberapa cara penghematan energi di rumah
Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
Bahasa Indonesia
• Guru mengajukan pertanyaan dari bacaan yang dibaca siswa
• Siswa menjawabnya secara tertulis
• Guru memberi penilaian atas jawaban siswa
IPS
• Guru menjelaskan cara memanfaatkan kesempatan kerja
• Siswa menyebutkan cara memanfaatkan kesempatan kerja
• Siswa menyebutkan lapangan kerja yang ada di sekitar siswa
Minggu IV
Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika )
IPA
Siswa menjelaskan cara penghematan energi di sekolah
Siswa menanggapi penjelasan guru
Siswa menyebutkan contoh penghematan energi di sekolah
PKn
Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri
Siswa mencatat bentuk-bentuk harga diri
Guru menanggapi pendapat siswa
Matematika
Guru menjelaskan tanda pembanding
Guru membandingkan dua buah pecahan
Siswa meletakan tanda pembanding diantara dua buah pecahan
Pertemuan II : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, IPS, Matematika )
Bahasa Indonesia
Siswa membaca sebuah dongeng
Siswa menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri
Guru memberi tanggapan / penilaian atas cerita siswa
IPS
Siswa menyebutkan manfaat semangat kerja
Siswa menjelaskan alasan mengapa oranng harus bekerja
Guru menanggapi dengan memberi kesimpulan tentang perlunya bekerja dan semangat kerja
Matematika
Siswa menggunakan tanda pembanding kurang dari pada kalimat matematika
Siswa menggunakan tanda pembanding lebih dari pada soal matematika
Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa
Pertemuan III : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika, IPA )
Bahasa Indonesia
Guru menugaskan pada siswa untuk menceritakan suatu tempat secara tertulis
Siswa menuliskan secara terperinci suatu tempat
Matematika
Siswa mengerjakan soal-soal tentang pecahan
Siswa menggambar beberapa bentuk gambar yang diarsir
Siswa menuliskan nilai pecahannya diantara gambar
IPA
Siswa menyebutkan cara penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari
Siswa mencatat hasil pendapatnya
Guru menanggapi dan memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Pertemuan IV : 3 x 35 menit ( B. Indonesia, IPS )
Bahasa Indonesia
menjelaskan urutan pengalaman menuju suatu tempat
Siswa lain mendengarkan dan mengomentarinya
Guru menanggapi penjelasan siswa
IPS
Guru menjelaskan bagaimana cara menjaga semangat kerja
Siswa menyebutkan cara mengatasi kemalasan
Siswa mencatat cara-cara mengatasi kemalasan
C. Kegiatan Akhir
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
III. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar baju daerah
2. Gambar-gambar rumah ibadah
3. Gambar-gambar rumah adat
4. Kompas
5. Kincir angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat
IV. PENILAIAN
1. Teknik Tes
Tes dan non tes
2. Bentuk Tes
Lisan :
1. Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
2. Ketepatan menjawab
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Tertulis :
1. Isian
2. Pilihan Ganda
3. Uraian
4. Tes perbuatan
3. Instrumen Tes
1. LKS
2. Lembar observasi
V. MATERI POKOK
1. PKn
Kekayaan alam Indonesia
Harga diri
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
Jenis-jenis pekerjaan
Semangat kerja
Jual beli
Uang
Pengelolaan uang
3. IPA
Energi
Gerak benda
Kenampakan permukaan bumi
Cuaca
Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4. Matematika
Pecahan
Bangun datar
Sudur
Persegi dan persegi panjang
5. Bahasa Indonesia
Menanggapi cerita
Menirukan dialog
Menceritakan peristiwa
Percakapan
Menjawab pertanyaan
Menulis karangan
VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
3. KERAJINAN TANGAN
Jurnal pendidikan ecc 378 mari peduli pada pendidikan dan mari bersikap arif dengan peduli sesama yang kami berikan bukan janji tetapi bersama-sama mengabdikan pada pendidikan untuk semua ci.cak102@gmail.com
welcome to education care center378
kyai haji Ahmad dahlan

benar-benar pionier...
bapak pendidikan nasional ki Hajar dewantara

Jas merah kata Bung Karno jangan lupa sejarah
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Pro Pendidikan
Mahal dan tidak pada tempatnya mengapa pendidikan begitu karena masih berpikir uang dan uang semua hanya satu kehendak pemerintah cq dinas pendidikan dan olah raga, mengapa semua bingung mencari sekolah padahal kenyatan dilapangan kebingungan karena nilai akghir yang dipunyai anak kita mempet maka mereka kembali setelah tidak mengharap masuk kesekolahnegeri mereka berlomba-lomba masuk swata yang tentu lebih mahal , bukankah dalam uud 1945 calah satu adalah ikut mencerdaskan bangsa bagaimapun kita harus tetap komitmen memerjungan pendidikan untuksemua secara mandiri adalah tolok ukur kita,
Kemandirian sepertinya harus kita pupuk dalam pmbelajaran kepad siswa dan anak didik kita karena persaingan semakin ketat dalam dunia yang penudj trik dan maju dalam bidang apapun ini, sayidj
Kemandirian sepertinya harus kita pupuk dalam pmbelajaran kepad siswa dan anak didik kita karena persaingan semakin ketat dalam dunia yang penudj trik dan maju dalam bidang apapun ini, sayidj
SUARa KRISTIS PINGGIR JALAN
welcome my friend!!!
blog ini dalam perubahan besar bukan untuk mencari sensasi tetapi berhubung atas suatu hal kami akan berubah sedikit demiu sedikit untuk kenyamanan anda, boleh copy paste gratis asal bertanggung jawab atas diri sendiri,selamat menikmati blog ini,
sayid jumianto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
oke selamat bergabung saja!