welcome to education care center378

kyai haji Ahmad dahlan

kyai haji Ahmad dahlan
benar-benar pionier...

bapak pendidikan nasional ki Hajar dewantara

bapak pendidikan nasional ki Hajar dewantara
Jas merah kata Bung Karno jangan lupa sejarah

06/08/09


  PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT
Dosen Pengampu :
  TIN SUHARMINI M.Si
Judul :
YANG MUDA BERKILAU PERAIH PRESTRASI
OLAH RAGA CATUR
NASIONAL










Disusun Oleh:

Nama :Sri Puswanti
NIM :08103289049
Jurusan :FIP/PLB
Program :Sertifikasi



FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN ILMU KEGURUAN
  UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
  2009

BAB I
LATAR BELAKANG MASALAH

A.Latar Belakang masalah

 Siapakah anak berbakat?
 Anak berbakat memiliki kemampuan intelektual yang unggul sehingga dengan keunggulanya itu anak mempunyai peluang besar untuk mencapai prestasi akademik dan pekerjaannya.
 Anak yang memuluku kemampuan menonjol dan prestasi tinggi sehingga dibutuhkan pelayanan dan pendidikan khusus yang berdeferensiasi agar dapat merealisasikan kemampuan dan kreatifitasnya.

B.Rumusan Masalah

 Berdasrkan latar belakang permasalahan diatas dapat dirumuskan permaslahan sebagai berikut bagaiamanakah penanganan anak yang mempunyai prestasi dibidang oleh raga khususnya bermain catur.
 












BAB II
PEMBAHASAN

Pendidikan anak berbakat dalam jangka panjang dalam jangka panjang lebih sering menjadi kotrovesi. Dalam banyak kontrovesi sulit sejak menemukan perspektif
 Yang beranjak dari diri sendiri nyata anak berbakat kebutuhannya dan kemungkinan pengembangan potensinya serta konstruksi yang dapat diabaikannya pada negara bangsa dimasa depan.
 Keterbatasan dipengaruhi oleh berbagai unsur kebudayaan bahkan bagi sementara
Ahli sifat-sifat anak berbakat tersebut bercirikan:cultural bound”(dibatasi oleh batasan kebudayaan)
 Dengan demikian ada dua petunjuk kunci dalam mengamati dan mengerti keberbakatan tersebut yaitu:
1. Keberbakatan itu adlah ciri-ciri universal yang khusus dari anak luar biasa yang dibawa sejak lahir maupun yang merupakan hasil-hasil interaksi dan pengaruh lingkungan
2. Keberbakatan itu ikut ditentukan oleh kebutuhan maupun kecenderungan
Kebudayaan dimana seseorang yang berbakat itu hidup.
Makna keberbakatan bagi pembangunan dalam kaitannya dengan siklus perkembangan ilmu proses demokrasi pendidikan dinegara kita melalui pemerataan kesempatan belajar 
Telah secara alamiah menyeleksi sebagian bakat-bakat unggul dibangku sekolah yang berhasil menampilkan prestasi dalam bidang ilmu tertentu sehingga menjadi dimensi yang penting dalam perwujudan budaya.

 







1.SUMBER PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT
 Sumber pendidikannya dari :
 a.Latihan disanggar jadi siswanya maksudnya menjadi siswa disanggar catur
 b.Dirumah didatangkan pelatih khususnya catur
 Data anak yang bernama Wening Rahajeng mempunyai kelebihan juara catur nasional tingkat remaja yang masih duduk dikelas delapan SMPN 4 Yogyakarta kami peroleh dari masmedia Kedaulatan Rakyat dan pengenalan dari lingkungan.
2.IDENTIFIKASI ANAK BERBAKAT
 Wening Rajeng yang meraih prestasi akademis dan menduduki posisi kiara catur nasional.
 Nama :Ana Wening Rahajeng
 Tempat/tgl lahir :Sleman 5 Juni 1995
 Alamat :Blok F No 8 Seturan Catur Tunggal Depok Sleman
 
 Data Orang Tua 
 Nama Ayah :A,Agus Priyadi
 Nama Ibu :IG.Retnowiduri

3.PENANGANAN ANAK BERBAKAT
 Ana Wening Rahajeng yang mempunyai kelebihan bakat catur nasional tingkat remaja. Cara penanganannya anatara lain sebagai berikut:
a.Dilatih dengan serius menjadi siswa sekolah catur Utut adianto yang dilatih MN Ridwan Nusanto.
b.Beralatih sendiri dirumah dua kali dalam seminggu dengan pelatih MN Heru Afnan dan MN Heri Wijaya.
c.Dukungan penuh dan selalu mendampingi dalam setiap pertandingan serta latihan terus ditingkatkan untuk mempersiapkan diri berlaga ditingkat nasional.


4.PERILAKU ANAK BERBAKAT
Sebagai juara Catur putri nasional Anna Wening Ragajeng mepunyai sikap yang antara lain
a.Pecatur muda wening Rahajeng memiliki tekat untuk terus berlatih dan menjadi pecatur nasional
b.Terus belajar akademis dan tercatat sebagai pelajar kelas 8 SMPN 4 Yogyakarta
c.Dalam menekuni bidang catur berlatih tekun dan serius serta sungguh-sungguh sesuai kemampuannya
.
5.KESIMPULAN
a.Bahwa bakat oleh raga khususnya catur bila dilatih atau berlatih serius dan tekun akan membawa nama yang cemerlang baik bagi diri sendiri,orang tua, keluarga, lingkungannya, juga dapat membantu proses belajarnya disekolah.
b.Peran Orang tua khusunya ayah, ibu,yang perhatian dan memehami serta mengerti bakat, minat putra putrinya serta mendukung sepenuhnya akan menghasilkan prestasi yang baik dan membanggakan untuk semua pihak yang terkait













DAFTAR PUSTAKA

1.Dari mass media Kedaulatan Rakyat, tanggal 14 mei 2009, hari kamis
2.Buku Perspektif pendidikan Anak berbakat oleh: Conny Semawan hal 18 dan hal 19 Departeman Pendidikan dan kebuidayaan Direktorat Jendral pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan tenaga Guru





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

oke selamat bergabung saja!

Pro Pendidikan

Mahal dan tidak pada tempatnya mengapa pendidikan begitu karena masih berpikir uang dan uang semua hanya satu kehendak pemerintah cq dinas pendidikan dan olah raga, mengapa semua bingung mencari sekolah padahal kenyatan dilapangan kebingungan karena nilai akghir yang dipunyai anak kita mempet maka mereka kembali setelah tidak mengharap masuk kesekolahnegeri mereka berlomba-lomba masuk swata yang tentu lebih mahal , bukankah dalam uud 1945 calah satu adalah ikut mencerdaskan bangsa bagaimapun kita harus tetap komitmen memerjungan pendidikan untuksemua secara mandiri adalah tolok ukur kita,
Kemandirian sepertinya harus kita pupuk dalam pmbelajaran kepad siswa dan anak didik kita karena persaingan semakin ketat dalam dunia yang penudj trik dan maju dalam bidang apapun ini, sayidj

SUARa KRISTIS PINGGIR JALAN

welcome my friend!!!

blog ini dalam perubahan besar bukan untuk mencari sensasi tetapi berhubung atas suatu hal kami akan berubah sedikit demiu sedikit untuk kenyamanan anda, boleh copy paste gratis asal bertanggung jawab atas diri sendiri,selamat menikmati blog ini,

sayid jumianto